Cara Mudah Unlock Bootloader (UBL) Redmi Note 7 (Lavender) TANPA PC

Cara Unlock Bootloader Redmi Note 7 – Saat ini kita sudah bisa membeli Redmi Note 7 ini secara resmi, smartphone dengan spesifikasi mumpuni dengan fitur masa kini. Dan pastinya juga menerapkan sistem Locked Bootloader. Nah, disini saya akan memberikan panduan cara Unlock Bootloader pada Redmi Note 7 ini.

Perlu kamu ketahui, Bootloader adalah sebuah program inti yang berfungsi untuk mengatur program apa saja yang akan dijalankan saat Redmi Note 7 kalian di hidupkan apakah itu langsung ke System Android atau masuk ke Recovery ataupun Fastboot. Bootloader ada 2 macam locked dan unlocked.

Dengan Bootloader yang terkunci (locked) kita tidak bisa memodifikasi perangkat ini seperti mengganti Mi Recovery dengan TWRP atau merubah system operasi resmi menjadi tidak resmi dengan custom rom bahkan kamu tidak bisa melakukan flashing firmware Redmi Note 7 secara normal terkecuali dengan melakukan test point.

Pastinya tidak semua menyukai hal ini, seakan-akan mengekang kebebasan kita untuk menggunakan smartphone ini. Untuk itu pastinya akan mencari cara untuk unlock bootloader.

Meskipun begitu Xiaomi masih memberikan dukungan untuk Unlock Bootloader di semua perangkat androidnya tidak seperti vendor lain yang tidak membolehkan kita untuk membuka bootloader smartphone mereka.

Tujuan utama dari Unlock Bootloader agar bisa mengganti Mi Recovery dengan TWRP. Dengan adanya TWRP kita bisa melakukan banyak hal seperti melakukan rooting, install custom ROM, Backup dan Restore, dan lain sebagainya.

Selain itu penting juga dengan unlock bootloader kamu dapat dengan mudah melakukan flashing ulang firmware dengan menggunakan Flash Tool.

Cara Unlock BootLoader Redmi Note 7

  1. Langkah pertama kamu harus login dengan Akun Mi terlebih dahulu, bagi yang belum punya silahkan buat akun terlebih dahulu. Dengan memilih tombol buat akun.membuat akun mi
  2. Setelah berhasil login dengan Akun Mi, langkah selanjutnya kamu aktifkan OEM Unlockdan USB Debugging yang ada pada Redmi Note 7. Untuk caranya lihat disini Tutorial lengkap untuk mengaktifkan Debugging USB Dan OEM Unlock.
  3. Setelah itu kamu buka menu Status Mi Unlock yang ada di Opsi Pengembang tersebut. Kemudian lakukan Binding Akun. caranya pilih Tambah akun dan Perangkat. kalau sukses terbinding akan muncul tulisan “Berhasil ditambahkan. Akun mi tertaut dengan perangkat ini sekarang“. Seperti pada screenshot di bawah ini. suskes binding mi akun
  4. Kamu sudah siap untuk proses UBL. Sekarang download File UBL Redmi Note 7 ini. Setelah terdownload extract file itu di PC atau Laptop Windows kamu dengan software seperti Winrar atau Winzip.
  5. Kemudian itu kamu Double klik file MiFlashUnlock.exe. Selanjutnya klik Agree untuk konfirmasi disclaimer. Setelah itu akan diminta masukan Akun Mi yang telah dibuat tadi.
  6. Sekarang matikan Redmi Note 7 kamu, kemudian masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara dalam keadaan mati kamu tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawahbersamaan sampai masuk ke Fastboot Modefastboot mode redmi note 6 pro
  7. Hubungkan Redmi Note 7 kamu ke PC/Laptop, kalau HP kamu terbaca oleh PC, maka tombol unlock akan aktif, lalu klik UnlockCara Unlock Bootloader (UBL) Redmi Note 7 (Lavender) 2
  8. Proses UBL tidaklah lama, kalau berhasil akan di tandai dengan tulisan “Unlocked Successfully“. Cara Unlock Bootloader (UBL) Redmi Note 7 (Lavender) 3

Perlu kamu ketahui Unlock Bootloader tidak selalu akan langsung berhasil, terkadang kamu disuruh menunggu selama beberapa hari bahkan bisa sampai satu bulan baru bisa mencoba melakukan lagi.

Kalau muncul notifikasi seperti “Couldn’t Unlock, After 72 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 72 jam atau 3 hari, kalau di suruh tunggu 360 jam bearti 15 hari untuk bisa melakukan UBL lagi. Untuk hal ini mau tidak mau kamu harus menunggunya, dan saat masa tunggu ini sebaiknya jangan mengganti Akun Mi nya.

Demikianlah cara unlock bootloader di Xiaomi Redmi Note 7 yang bisa saya sampaikan. Semoga berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *